Sunday, March 23, 2014

Nutrisi Penting Harus Dikonsumsi Saat Hamil

Nutrisi Penting Harus Dikonsumsi Saat Hamil - Kehamilan adalah masa penting yang dijalani oleh ibu dan bayi. Saat hamil, wanita harus ekstra hati-hati dengan apa yang dilakukan dan dikonsumsinya. Selain berhati-hati dengan pantangan makanan, ada juga nutrisi penting yang harus dipenuhi oleh ibu hamil.
Nutrisi Penting Harus Dikonsumsi Saat Hamil
Berikut adalah beberapa nutrisi penting yang harus dikonsumsi oleh setiap wanita hamil, seperti dilansir oleh Health Me Up (22/03).

1. Asam folat
Asam folat dan vitamin B9 adalah nutrisi penting yang harus dikonsumsi saat hamil. Nutrisi ini membantu produksi sel darah merah. Selain itu, nutrisi ini juga baik untuk memperbaiki DNA. Suplemen asam folat akan membantu ini mencegah risiko kelahiran prematur. Selain itu, makanan seperti bayam, kacang-kacangan, dan kacang polong juga menjadi sumber asam folat yang baik.

2. Kalsium
Ibu dan calon bayi membutuhkan kalsium untuk tulang yang kuat dan gigi yang kuat. Selain itu, kalsium juga penting untuk pertumbuhan otot dan sistem saraf. Beberapa makanan yang baik untuk mendapatkan kalsium adalah susu, yogurt, keju, dan salmon.

3. Vitamin D
Vitamin D akan membantu meningkatkan energi, mendukung sistem kekebalan tubuh, dan lebih penting lagi akan membantu perkembangan janin. Mengonsumsi cukup vitamin D akan meningkatkan kekuatan tulang ibu dan anak. Namun sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi vitamin D. Salah satu sumber vitamin D yang aman dan baik adalah sinar matahari pagi.

4. Zat besi
Zat besi diperlukan tubuh untuk memproduksi hemoglobin. Nutrisi ini sangat penting dikonsumsi selama kehamilan karena bayi dan janin di dalamnya membutuhkan banyak darah. Kekurangan nutrisi ini akan menyebabkan anemia yang berujung pada kelahiran prematur. Beberapa makanan yang mengandung zat besi antara lain daging dan ayam.

Itulah beberapa nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Memenuhi nutrisi tersebut akan menjaga kesehatan ibu dan janin serta mencegah terjadinya hal yang tak diinginkan, seperti kelahiran prematur - Nutrisi Penting Harus Dikonsumsi Saat Hamil

No comments:

Post a Comment