Thursday, April 24, 2014

Jembatan Transporter Populer Di Dunia

Jembatan Transporter Populer Di Dunia

Apakah sobat Penghuni 60 ada yang tahu dengan Jembatan Transporter? Dari namanya saja, kemungkinan belum banyak yang tahu. Padahal jembatan transporter ini sudah lama digunakan sedari jaman perang dulu.

Jembatan transporter adalah jenis jembatan bergerak yang membawa gondola menyeberangi sungai. Jembatan tersebut biasanya terdiri dari kerangka balok baja yang membentangi sungai atau perairan yang akan diseberangi, tapi bukannya jalan atau jalur kereta api yang dibangun di atas dek melainkan platform atau "gondola" yang terkait oleh kabel baja dari troli yang bergerak berjalan di atas jalur jembatan. Troli bergerak di rel jalur jembatan tersebut sambil menarik gondola yang bergelantung dibawahnya, dimana gondola itu memuat penumpang dan kendaraan.

Jembatan transporter adalah tipe jembatan yang jarang ditemui di beberapa daerah seluruh dunia. Hanya delapan jembatan saja yang masih beroperasi hingga saat ini.

Perlu sobat ketahui, bahwa ide pembangunan jembatan transporter ini lahir dari kebutuhan untuk menyeberangi sungai atau saluran air, yang mana jika dibuat jembatan tinggi konvensional tidaklah memungkinkan serta biayanya akan mahal, belum lagi membutuhkan ruang atas yang cukup untuk memungkinkan kapal tinggi dapat menerobos dibawah jembatan itu.

Konsep ini pun pertama kali diperdebatkan pada tahun 1872 ketika Charles Smith, Manager Hartlepool Iron Works, mengusulkan kepada Middlesbrough Corporation untuk sebuah skema bentuk jembatan transporter yang melintasi Sungai Tees. Dia menyebutnya sebagai "jembatan feri". Namun skema itu tidak dikerjakan hingga dua puluh tahun kemudian ternyata gagasan jembatan transporter untuk membawa lalu lintas menyeberangi sungai ini sangatlah berguna.

Jembatan Transporter Populer Di Dunia
Middlesbrough Transporter Bridge

Jembatan Transporter Populer Di Dunia

Jembatan transporter pertama yang dibangun adalah Vizcaya Bridge terletak di Portugal, Spanyol, pada tahun 1893, dan masih digunakan untuk kegiatan di hari-hari biasa. Desainnya dibuat oleh Alberto Palacio, yang ternyata desain ini malah mengilhami orang lain untuk mencoba struktur yang serupa. Idenya muncul di lokasi di mana tempat itu tidak memungkinkan untuk membangun jembatan dengan struktur lama, dan di tempat-tempat di mana feri tidak mudah dapat menerobos. Karena jembatan transporter hanya dapat membawa beban yang terbatas, akhirnya ide itu pun sedikit digunakan setelah munculnya mobil.

Jembatan Transporter Populer Di Dunia
Vizcaya Bridge


Sedangkan di Perancis, jembatan tersebut pertama kali dibangun pada tahun 1898, jembatan Rouen yang melintasi sungai Seine, dihancurkan oleh tentara Perancis untuk memperlambat pasukan Jerman dalam Perang Dunia II. Jembatan transporter memang populer di Perancis, di mana ada sebanyak lima jembatan yang didirikan namun hanya sebagian yang selesai. The Rochefort - Martrou Transporter Bridge, dibangun pada tahun 1900 di Rochefort, dan masih digunakan sampai sekarang selama musim panas.

Di Inggris memiliki empat jembatan transporter, yaitu Jembatan Transporter Warrington dan Jembatan Royal Victoria Dock, meskipun keduanya dirancang dengan potensi untuk digunakan sebagai jembatan transporter, sejauh ini hanya digunakan sebagai jembatan tingkat tinggi saja. Lalu Jembatan Transporter Newport, dibangun pada tahun 1906 di Sungai Usk, Newport. Dan satu lagi adalah Jembatan Transporter Middlesbrough yang dibangun pada tahun 1911 menyeberangi sungai Tees. Jadi, dari keempat jembatan itu hanya dua jembatan transporter di Inggris yang masih beroperasi.

Sementara itu di Amerika Serikat, ada dua jembatan transporter yang dibangun. Yang pertama adalah Jembatan Aerial dibangun di Duluth, Minnesota pada tahun 1905. Jembatan transporter kedua di Amerika berbeda dari desain lainnya dan lift gondola sebagian mirip yang digunakan di daerah pegunungan. The Sky Ride adalah bagian dari 1933-34 Chicago World Fair, itu diturunkan setelah berdiri selama dua tahun. Namun, The Sky Ride adalah jembatan terpanjang jenis ini yang pernah dibangun pada saat itu.

Rendsburg High Bridge

Newport transporter bridge

The Aerial Bridge

Dua jembatan transporter bersejarah pun masih bertahan di Jerman. Sebuah contoh yang unik adalah jembatan di Rendsburg, dari tahun 1913 merupakan jembatan 'two in one'. Yang mana sebuah rel kereta melintasi dibagian rentang atasnya, dan gondola feri dikaitkan membawa lalu lintas di bagian bawahnya. Jembatan di Osten sendiri berumur empat tahun lebih tua dari jembatan di Rendsburg dan merupakan jembatan transporter pertama di Jerman.

Tidak mau kalah, Uni Soviet pun turut membangun jembatan transporter yang terpanjang, yaitu terletak di Stalingrad ( sekarang lebih dikenal Volgograd ) pada tahun 1955.

Lalu, kapan ya jembatan ini ada di Indonesia? ^_^




Signp60


No comments:

Post a Comment