Thursday, September 5, 2013

Mengatur Permalink Blog Yang Baik Di Mata SEO


Awalnya, saat aku blogwalking sana-sini, tanpa sengaja aku menemukan sebuah blog dengan setting permalink postingan yang sangat panjang. Dari situ aku mulai bertanya-tanya sendiri, apa bisa membuat settingan permalink yang panjang di blogspot? Aku sendiri sudah mencobanya, tapi tetap saja hasilnya selalu pendek. Hanya maksimal berisi 5 atau 6 kata saja. Sehingga terkadang kalimat permalink menjadi terputus.

Karena aku penasaran, aku mencoba utak-atik setiap menu setelan yang ada pada blogger, dan akhirnya aku berhasil menemukan cara untuk setting permalink ini. Ternyata gampang juga caranya. Memang, pada tampilan blogger yang lama itu sepertinya belum ada fasilitas untuk menyeting permalink ini. Tapi pada tampilan blogger yang baru, kita bisa dengan mudah mengatur panjang pendeknya permalink sesuai dengan yang kita inginkan.

Namun sebelumnya, bagi sobat Penghuni 60 yang belum tahu apa itu Permalink?

Permalink itu kependekan dari Permanent Link. Atau bisa disebut juga alamat dari halaman sebuah website. Permalink terkadang sering disebut-sebut dengan kata "URL" yaitu kependekan dari Uniform Resource Locator, yang mana URL ini bisa diibaratkan sebagai alamat sebuah website. Nah, permalink ini biasanya digunakan sebagai alamat dari postingan di blog kita.

Pelajari contoh berikut:
  • http://sospiriguana.blogspot.com –> adalah alamat halaman utama dari blogku ini.
  • http://sospiriguana.blogspot.com/2013/09/mengatur-permalink-blog-yang-baik-di-mata-seo.html –> alamat halaman postingan yang kalian baca ini.
Nah, sekarang sudah lebih jelas kan?

Struktur permalink di blog kita harus bisa sedemikian rupa kita setting. Mengapa? Karena settingan permalink tersebut akan berpengaruh terhadap SEO (search engine optimization). Menurut Google sendiri, struktur permalink yang baik adalah struktur permalink yang mendeskripsikan konten halamannya. Sederhananya, struktur permalink blog akan berpengaruh terhadap posisi halaman blog anda di mata mesin pencari. Bukankah itu yang kita inginkan?

Sekarang, coba perhatikan contoh permalink berikut ini:

http://sospiriguana.blogspot.com/2010/07/seberapa-pantaskah-kita-untuk-menjadi.html

(contoh permalink di atas adalah permalink yang kurang baik, secara logika saja ketika kita membaca permalink di atas kita pasti bertanya, “untuk menjadi apa?” disitu kan tidak ada kelanjutannya alias kalimat yang terputus. Sama halnya dengan mesin pencari, mungkin akan kebingungan apa isi konten di halaman tersebut)

Permalink di atas terjadi karena waktu itu aku masih belum tahu cara menyeting permalink yang baik di blogspot. Lalu bagaimana caranya membuat permalink yang baik, agar tidak terputus dan tidak terlalu pendek? Berikut ini tipsnya:

  1. Silahkan login ke akun blogger kalian
  2. Silahkan membuat postingan terlebih dahulu tanpa menuliskan judul
  3. Setelah postingan siap, barulah kalian persiapkan judulnya, usahakan judul itu tidak terlalu panjang dan juga tidak terlalu pendek. Maksimal terdiri dari 7 sampai 8 kata saja. Usahakan juga agar semua isi konten sudah terwakili oleh judul tersebut.
  4. Sekarang mari kita lihat judul yang aku tentukan untuk postingan yang sedang kalian baca ini, mulanya aku berikan judul postingan ini: “Mengatur Permalink Blog Yang Baik Di Mata SEO”. Namun, dikarenakan aku masih belum merubah setingannya, alias menggunakan setingan otomatis oleh blogger, maka hasilnya akan diperoleh:
    http://sospiriguana.blogspot.com/2013/09/mengatur-permalink-blog-yang-baik-di.html
    (ternyata ada kata yang terpotong pada bagian belakang, sehingga permalink ini masih kurang baik)
  5. Sekarang perhatikan bagian kanan, disitu ada tulisan “Setelan entri” dengan berbagai pilihannya (lihat gambar-gambar dibawah ini), silahkan kalian pilih “Tautan permanen”, maka akan muncul 2 pilihan, Jika memilih “Tautan Permanen Otomatis” maka pihak blogger yang akan menentukan settingan dari permalink blog kita. Jika memilih “Tautan Permanen Khusus” maka kita yang menentukan sendiri permalink blog kita. Jadi pilihlah “Tautan Permanen Khusus”.


  6. Setelah kalian pilih “Tautan Permanen Khusus” maka akan muncul kolom kotak kosong tempat menuliskan kata-kata apa yang akan dijadikan permalink. Nah, silahkan tulislah apa saja yang kalian inginkan sebagai permalink, pisahkan setiap kata dengan menggunakan tanda hubung (-).
  7. Klik “Selesai

Sekarang, permalink sudah sesuai dengan yang kita inginkan. Tidak terlalu panjang dan tidak juga terlalu pendek tapi sudah mencakup isi konten dari postingan kita. Semoga saja permalink ini akan mudah dicerna oleh SEO, serta mendapatkan peringkat bagus di google.

Mudah bukan? Setelah tahu caranya pasti mudah. ^_^

Semoga bermanfaat...



Signp60


No comments:

Post a Comment