Thursday, May 2, 2013

Air Garam Untuk Menghalau Flu

Baru-baru ini, aku baru saja sembuh dari penyakit flu batuk yang lumayan cukup bandel. Tidak cuma itu saja, melainkan diiringi dengan gejala-gejala flu seperti pilek, hidung tersumbat, serta badan meriang. Jujur saja, penyakit yang tergolong ringan tapi bikin aku risih dan merasa tersiksa yaitu batuk dan flu Kalian semua juga pasti sudah pernah mengalaminya kan? Tentunya juga sudah merasakan gimana risih dan menyiksanya terkena kedua penyakit itu.


Nah, biasanya kedua penyakit ini diawali dengan adanya tanda-tanda tenggorokan gatal dan sesak napas. Jika sobat Penghuni 60 mengalaminya, alangkah baiknya jangan terburu-buru meminum obat. Ternyata, ada cara sembuh lebih cepat yang telah terbukti secara klinis, yaitu dengan berkumur air garam. The American Journal of Preventive Medicine (2005) membuktikan, penurunan risiko flu sebesar 40% pada mereka yang rajin berkumur dengan air garam.


Ternyata, air garam memang sudah terbukti bisa meluruhkan dahak atau lendir, mengatasi peradangan tenggorokan yang mana saat menelan terasa sakit, juga bisa membunuh kuman dan bakteri serta menghilangkan penyebab alergi lainnya yang ada di tenggorokan. Sebagaimana hal ini pun sudah ditulis oleh dr. Philip T. Hagen dari Mayo Clinic dalam bukunya yang berjudul Home Remedies.


Untuk itu, garam sudah benar-benar teruji khasiatnya.




Lalu Bagaimana Caranya?

Ikutilah petunjuknya berikut ini:
  • Yang paling baik yang kita lakukan adalah dengan cara melarutkan satu sendok teh garam ke dalam satu gelas air putih yang penuh. 
  • Setelah dilarutkan, gunakan larutan air garam tersebut untuk berkumur
  • Berkumurlah hingga ke bagian pangkal tenggorokan dalam waktu beberapa detik saja
  • Buang air kumuran itu, jangan ditelan.
Larutan garam juga bisa dipakai untuk pereda batuk, berikut ini petunjuknya:
  • Lakukan hal yang sama seperti cara di atas
  • Campurkan dengan perasan lemon dan madu
  • Lain dengan yang tadi, larutan yang ini boleh ditelan


Itulah tips singkat yang sederhana, namun memiliki khasiat yang luar biasa.
Semoga berguna.... ^_^



Signp60


No comments:

Post a Comment