Saturday, August 9, 2014

5 Jenis Makanan Mengurangi Perut Kembung

Setelah makan banyak, biasanya kita akan mengalami perut kembung atau merasa tak nyaman pada perut. Ini adalah perasaan yang tak menyenangkan bagi banyak orang. Perut terasa penuh dan membengkak. Mengalami perut kembung sebenarnya adalah hal yang alami dan biasa terjadi. Ini disebabkan oleh proses pencernaan yang tak lancar dan biasanya dipicu oleh produksi gas atau cairan berlebih.
5 Jenis Makanan Mengurangi Perut Kembung
Ketika merasa kembung, ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari seperti produk susu. Namun selain itu, ada juga beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi saat kembung dan bisa membantu Anda mengurangi rasa tak nyaman saat perut terasa kembung. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mengurangi perut kembung, seperti dilansir oleh Boldsky (22/07).

1. Yogurt
Yogurt adalah salah satu makanan yang baik dikonsumsi saat kembung. Mengonsumsi yogurt yang banyak mengandung bakteri baik bisa memperlancar proses pencernaan dan mencegah perut kembung. Yogurt biasa adalah yang terbaik, jangan pilih yogurt yang mengandung gula tambahan.

2. Pisang
terlalu banyak konsumsi sodium adalah salah satu penyebab perut terasa kembung. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi pisang. Pisang merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak potasium. Potasium sangat berguna mengurangi tingkat sodium dan menyeimbangkannya dalam proses pencernaan. Menjaga keseimbangan tingkat potasium dan sodium sangat penting untuk mencegah perut kembung.

3. Nasi
Nasi bisa dicerna secara utuh pada usus kecil, tak seperti makanan lain yaitu jagung, kentang, dan gandum. Ini adalah salah satu makanan yang bisa dikonsumsi saat perut terasa kembung. Ini karena seluruh karbohidrat pada nasi bisa dicerna, tak hanya sebagian seperti makanan lainnya.

4. Teh herbal
Teh herbal tak hanya baik untuk kesehatan, melainkan juga bisa mencegah perut kembung. Mengonsumsi teh herbal akan membantu membuat saluran pencernaan lebih tenang dan menormalkan kontraksi dalam perut. Selain teh herbal, mentimun juga salah satu makanan yang baik dikonsumsi ketika perut kembung. Kandungan air yang banyak dan serat yang sedikit bisa mencegah perut kembung sekaligus membantu mengurangi lemak.

5. Pepaya
Dalam pepaya terkandung zat bernama papain, yang membuat buah ini cocok dikonsumsi saat perut kembung. Papain bisa membantu pergerakan usus sehingga bisa melancarkan proses pencernaan dan mengatasi rasa sebah dan kembung pada perut.

Itulah beberapa makanan yang bisa membantu Anda mencegah dan mengatasi perut kembung. Lain kali, jika mengalami perut kembung setelah makan jangan ragu untuk menggunakan salah satu dari makanan di atas untuk mengatasinya!

No comments:

Post a Comment