Wednesday, June 19, 2013

Belanja Online, Bikin Ketagihan !


Sebenarnya, aku ini termasuk ke dalam tipe cowok yang gak begitu demen dengan namanya shoping atau belanja. Biasanya, kalo lagi pas ada barang yang dibutuhkan saja baru aku keluar untuk mencarinya. Itu juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Alias tidak musti berjam-jam pilih ini pilih itu, yang akhirnya justru malah “kejeblos” dapat barang yang gak sesuai dengan selera tapi udah terpaksa kebeli. Nyesel deh ujung-ujungnya.

Tapi anehnya, justru hal tersebut pernah aku alami, jadinya aku pengen cerita sedikit nih, cerita ini saat aku masih bujangan, alias belum punya istri. Tau sendiri kan gimana tuh seorang bujangan kalo lagi pas punya duit, waktu itu memang aku sengaja pergi ke mall, selain untuk cuci mata, juga di lubuk hati paling dalam aku berharap bisa menemukan jaket yang aku cari, waktu itu aku lagi kepengen banget beli jaket.

Singkat cerita, entah karena mataku terhipnotis sama pelayan-pelayan cewek yang cantik, atau karena rayuan-rayuan mereka, eh aku comot setelan jaket yang berwarna hitam, trs ada garis-garis warna merah muda di lengannya, tanpa banyak basa-basi aku membayar jaket itu di kasir. Sesampainya di rumah, aku baru nyadar, ini jaket kok style nya kayak style cewek ya..? aku bolak-balik depan-belakang, atas-bawah, akhirnya aku baca tulisan yang ada di kerahnya, “tuh kan bener, ini buat cewek!” ya ampuuuun, kok bisa sih aku beli jaket cewek. Pengen ketawa, tapi gak bisa keluar suaranya, akhirnya aku cuma senyum-senyum sendiri aja. Sejak kejadian itu, aku jadi malas belanja ke mall. Kalian pasti nanya, “kenapa gak dicoba dulu?” Karena badanku kecil, meskipun udah aku coba, tetep aja gak keliatan kalo itu tuh jaketnya cewek. Akhirnya ya, jaket itu cuma dipajang aja dalam lemari. (sekarang sih udah dipake istri ^_^)

Nah, terus kaitannya dengan belanja online apa?

Sabar dulu dong, ceritanya kan belum selesai, karena pengalaman tersebutlah, akhirnya aku mulai ngelirik “belanja online”. Jika dibandingkan dengan belanja secara nyata, itu jauh berbeda banget. Kalo belanja online lebih asik dan lebih puas, kita bisa sepuasnya memilih mana barang yang dicari sampe ketemu, kalo gak ketemu, gak jadi beli juga gak masalah. Lain halnya dengan belanja di dunia nyata, kalo gak jadi beli kan gak enak hati. Kita udah ngacak-ngacak barangnya tapi gak dibeli, pasti aja ada satu atau dua pelayan yang ngedumel di hati.

Awal mula aku mulai mengenal “belanja online” itu dari teman sekantorku. Waktu itu, dia terlihat sibuk mondar-mandir ke tempat telpon. Lagi-lagi, dia telpon, sambil nanya,”udah sampe mana mas paketnya?” selang beberapa menit lagi, nelpon lagi, akhirnya aku tanya ke dia, namanya Dede,

“De, kamu lagi sibuk apaan sih, bolak-balik terus dari tadi?” tanyaku.
“Oh, ini lagi mantau paket.”
“Paket apaan?”
“Biasa, abis belanja di internet.”

Sejak peristiwa itu, aku jadi malah sering mantau dia kalo pas lagi internetan di kantor, waktu itu aku lihat dia lagi buka-buka situs belanja online www. lazada.co.id


Iseng aku tanya, “jadi modem yang kemarin kamu beli itu, dari Lazada toh?”
“Iya, Wan, belanja di Lazada barangnya murah-murah tapi kualitasnya bagus, terus suka ada diskonannya, dan yang paling aku suka, belanja di Lazada itu bebas ongkir. Mantep kan?”

“Masa sih?” aku yang waktu itu penasaran, akhirnya ikut-ikutan buka situs Lazada. Aku telusuri semua barang-barang yang dijual disitu. Ternyata memang benar yang dibilang sama temanku itu. Timbulah perasaan tertarik ingin membeli sesuatu. Waktu itu aku lagi butuh banget yang namanya sepatu, soalnya sepatu yang aku pake udah jebol gak keruan. Tapi, entah kenapa masih ada perasaan ragu di benakku, sempat-sempatnya aku berpikir, gimana ya kalo paketnya gak nyampe ke rumah lagi? Jujur ya, setiap kiriman pos atau paket yang ditujukan ke alamat rumahku yang sekarang, itu harus melalui balai desa terlebih dahulu. Setelah nyampe ke balai desa, barulah nantinya ada orang dinas desa yang akan mengantarkannya ke rumahku. Nah, karena sistem seperti itulah aku jadi bingung kalo berhubungan dengan pengiriman paket. Akhirnya, terpaksa aku bekerja sama dengan Dede.

Intinya, setiap kali aku belanja online, selalu aku hubungi Dede, terus dia yang ngurusin ini dan itunya, aku tinggal terima beresnya saja, alias terima barangnya saja. Tapi jujur, semenjak aku memperoleh barang belanjaan yang sesuai dengan seleraku, aku jadi malah ketagihan untuk beli lagi dan beli lagi melalui online. Dan situs belanja langgananku itu ya Lazada itu.

Intinya, aku bisa ketagihan belanja online karena:
  1. Aku gak perlu menghadapi pelayan-pelayan cantik lagi yang ternyata bisa membiusku untuk membeli barang yang ditawarkannya.
  2. Aku gak perlu merasa sungkan lagi bolak-balik keluar-masuk toko meskipun tanpa membeli. Karena gak ada pelayan yang dikecewakan.
  3. Aku jadi bebas ngacak-ngacak barang jualan toko... hehe.. :)
  4. Bebas belanja kapanpun aku mau, dan tentunya gak perlu beranjak dari tempat duduk.
  5. Tentunya lebih merasa puas ketimbang belanja di toko nyata.

Kira-kira seperti itulah sobat Penghuni 60 pengalamanku saat belanja online, dan aku mengucapkan terima kasih banyak pada temanku yang sampai detik ini masih bersedia membantuku saat belanja online. Suatu saat kalo alamat rumahku pindah, gak ribet lagi, aku pasti tidak akan merepotkan temanku lagi.

Belanja online, memang bikin aku jadi ketagihan!



Cerita ini diikutsertakan dalam Arr Rian's Giveaway -Pengalaman Belanja Online-


Signp60


No comments:

Post a Comment