Friday, March 9, 2012

Menulis Kode Script Di Postingan


Ketika masih newbie, saya masih belum mengerti kenapa saat saya menulis sebuah kode Script atau HTML di dalam postingan selalu saja menghilang atau tampilannya berubah saat saya publish. Waktu itu saya masih belum paham, gimana caranya agar saya bisa berbagi kode tersebut di dalam postingan. Agar kode tersebut bisa muncul dan dapat dibaca oleh pembaca.

Akhirnya, saya searching sana sini, dan menemukan berbagai macam trik untuk mengatasi masalah saya saat itu. Nah Sobat Penghuni 60 semua, dalam In Trik kali ini, saya akan berbagi semua trik yang saya peroleh itu, agar kalian yang mengalami masalah yang sama dengan saya, bisa di atasi.

1. Melalui bantuan sebuah situs encode/parse

Cara ini mungkin cara yang paling gampang, silahkan kalian buka alamat situs dibawah ini:
centricle.com


silahkan kalian masukan kode script yang ingin kalian tulis di postingan itu ke dalam kotak yang tersedia. Setelah itu kalian klik button “Encode” yang ada dibawahnya. Maka tampilan kode pun akan berubah dengan sendirinya, nah, copy paste kan kode itu ke dalam postinganmu. Selesai. Gampang kan?

Atau kalian kunjungi situs yang ini:
blogcrowds


setelah kalian masukan kodenya, klik button merah “PARSE” yang ada dibawahnya.


2. Melalui Textarea

Dengan cara ini kita membutuhkan sebuah script untuk menampilkan kolom area, dimana semua tulisan yang kita tulis di dalam area tersebut, akan dibaca sebagai “text”. Jadi meskipun kita menuliskan kode javascript, tetap akan di anggap sebagai text bukan sebagai kode. Inilah kode script untuk membuat textarea tersebut:

<textarea cols="30" rows="3" readonly="readonly">
Disini tempat kalian menulis kode
</textarea>

untuk besar cols dan rows bisa kalian atur sesuka kalian.

3. Melalui bantuan “Post Options”

Cara yang ketiga ini kita cukup melakukan posting seperti biasa, tapi ingat anda harus menulis postingan tersebut di dalam bagian “Compose” bukan di “edit HTML”. Setelah anda selesai menulis, lihat bagian bawah kiri, akan anda temukan “post options” silahkan diklik lalu pilihlah “tunjukan HTML pada adanya”. Selesai. Silahkan kalian publish postingan anda.

Oke, semoga bermanfaat, sebenarnya masih banyak cara lagi selain ketiga cara yang diatas. Namun, yang saya coba baru ketiga cara itu saja.


UPDATE 12-03-2012
Ada satu komentar yang membuat saya tertarik untuk memasukannya ke dalam bagian posting.
Komentar dari Sobat Susu Segar:

bang, bisa ngerubah file PSD ke HTML ndak. . . biar bisa jadi template .. . ???

Jawaban Penghuni 60:

kalo aku pribadi sih gak bisa. tp kita minta bantuan aja ama sebuah situs yg bs convert file PSD, silahkan aja kamu coba main ke situs ini:
psd2cssonline
caranya: cukup upload file PSD kamu aja. trs download hasilnya. Dicoba ya, kalo berhasil, kabari aku...


Signp60


No comments:

Post a Comment