Wednesday, June 8, 2011

Di Balik Cerita Fenomena Telur Berdiri


Mau ngebahas soal fenomena yang kemarin Senin baru saja terjadi nih. Entah kenapa aku begitu bersemangat untuk mengulas fenomena unik yang satu ini, apalagi kalo bukan “Fenomena Telur Berdiri”. Begitulah mereka menyebutnya. Sebuah fenomena unik yang berasal dari tradisi masyarakat Tionghoa dalam memperingati sembahyang ba-tzang. Konon, setiap tanggal 5 bulan 5 kalender imlek kita akan dengan mudah bisa membuat sebutir telur berdiri tegak tanpa menggelinding.

Nah, pada tanggal 06 Juni 2011 tepatnya hari Senin kemarin adalah bertepatan dengan tanggal 5 bulan 5 kalender imlek, maka hampir semua masyarakat yang sudah setahun menanti, mungkin akan berlomba-lomba berusaha mendirikan butir-butir telur yang sudah mereka siapkan, begitupun denganku. Sehari sebelumnya, aku sudah persiapkan beberapa butir telur yang aku beli di pasar.

Seperti janjiku kemarin, bagi siapa saja yang mengirimkan hasil fotonya saat berhasil membuat telur berdiri, akan aku sertakan dalam sebuah postingan. Hanya saja sampai detik ini aku masih belum menerima satu pun email yang masuk. Maka gak ada salahnya aku posting saja pengalamanku sendiri saat melalui fenomena telur berdiri kemarin.

Ceritanya, hari Senin itu berhubung aku masuk kerja. Maka aku bawa saja 2 butir telur ke kantor. Tepat pukul 11:00 siang, aku mulai beraksi. Awalnya begitu sulit, telur itu terus-terusan menggelinding. Lalu aku bolak-balik posisinya, namun tetap aja telur belum bisa berdiri. Aku pun berpikir, ah jangan-jangan telur yang ini udah pernah masuk kulkas nih, aku coba deh telur yang satunya.

Setelah aku coba ganti telurnya, ternyata benar saja, entah sepertinya ada sesuatu medan magnetik yang terasa saat ujung lancip telur itu bersentuhan dengan lantai. Seolah-olah ada gaya tarik yang menariknya dan sim salabim.. fantastik, TELUR ITU BERDIRI TEGAK !

Aku bersorak dalam hati. Segera saja aku panggil teman kerjaku yang sama-sama penasarannya denganku. Sontak saja dia pun terkejut, lantas langsung bermain-main dengan kamera yang sudah kita persiapkan. Jepret sana, jepret sini pun berlangsung, seperti layaknya artis di atas panggung, telur itu menjadi objek sasaran sang fotografer.

Inilah foto sang artis tersebut:





Jujur, ini adalah pengalaman pertamaku yang berhasil membuat sebutir telur berdiri tegak. Awalnya aku sendiri masih diliputi antara rasa percaya dan tidak. Tapi setelah membuktikannya sendiri, aku pun percaya.

Tapi tidak berhenti sampai disini ceritanya. Kenapa? Karena seperti yang sudah banyak dibahas oleh situs-situs lain, bahwa dikatakan jam yang terbaik terjadinya fenomena ini adalah berkisar antara pukul 11:00 sampai 13:00 siang. Dalam hal ini aku secara pribadi membantahnya! Kenapa? Karena malam harinya, sepulang kerja sesampainya aku dirumah, aku coba lagi, dan ternyata sekitar pukul 18:30 aku malah berhasil membuat 7 butir telur berdiri semua. Ini berarti, bahwa tidak ada waktu khusus untuk mendirikan telur. Mungkin selama masih di dalam tanggal 5 bulan 5 imlek.

Inilah ke 7 telur itu, maaf gambarnya kecil soalnya aku jepret pake kamera hape jadul sih... hehe..


Namun, masih ada satu pertanyaan lagi yang masih membuatku penasaran. Apakah mungkin telur ini hanya bisa berdiri di tanggal 5 bulan 5 imlek saja?
Akhirnya aku pun berpikir, lalu tepat hari Selasa di waktu yang sama, aku mencobanya lagi. Memang benar agak sulit sekali membuat telur itu berdiri. Sengaja ketujuh telur itu aku coba lagi, dan ternyata apa yang terjadi?

Aku masih bisa berhasil membuat 1 telur berdiri. Ini mustahil, berarti hal ini bertentangan dengan ketentuan yang sudah ada. Telur itu masih bisa berdiri diluar tanggal 5 bulan 5 imlek. Apakah ini berarti semua itu bohong? Apakah sebenarnya kita bisa membuat telur berdiri kapan pun waktunya?
Inilah yang membuatku tertarik untuk memposting hal ini.

Jadi, intinya ada 2 kesimpulan yang bisa aku ambil:
1) Bahwa sebuah telur bisa berdiri dengan mudah itu tepat tanggal 5 bulan 5 imlek, diluar tanggal itu kita masih bisa melakukannya hanya saja tingkat kesulitannya sangat besar.
2) Bahwa telur itu bisa berdiri bukan hanya pada pukul 11:00 sampai 13:00 siang saja, melainkan diluar jam itu juga bisa.

Oke, sekian dulu ya ceritanya.


Bagi yang masih penasaran dan ingin mencobanya, tunggu saja tahun depan. Menurut prediksi, tahun depan fenomena ini akan berlangsung pada tanggal 23 Juni 2012 hari Sabtu.
See you...


Signp60


No comments:

Post a Comment