Wednesday, April 24, 2013

Lowongan Untuk Menjadi Penghuni Mars

Di postinganku kemarin, aku sudah membahas tentang “Earth Day”, dimana pada tanggal 22 April seluruh manusia di dunia memperingatinya sebagai Hari Bumi, yaitu hari untuk mengingat Bumi. Seperti yang sudah kita ketahui, akhir-akhir ini makin banyak saja bencana-bencana alam yang terjadi dan juga menelan banyak korban. Harusnya ini membuat kita sadar. Sebagian dari bencana-bencana tersebut kemungkinan berawal dari ulah kita sendiri yang tidak menghormati alam. Makanya semakin banyak saja seruan-seruan “go green” yang ditujukan untuk umat manusia di Bumi ini.


Begitupun yang terjadi di kalangan para ilmuwan. Tanpa kita ketahui, banyak para ilmuwan yang menanggapi masalah serius di Bumi ini dengan suatu rencana yang besar. Satu hal yang menjadi topik menarik adalah “mencari tempat baru pengganti Bumi”. Ya, para astronom mulai gencar mencari planet-planet baru yang sekiranya bisa dijadikan sebagai 'Bumi Kedua'. Ini memang bukan cerita fiksi belaka, ini sudah mulai terbukti dengan makin banyaknya ditemukan planet-planet baru yang sebagian diantaranya hampir memiliki sifat-sifat yang mirip dengan Bumi.


Malah, baru-baru ini, sebuah organisasi nirlaba Mars One mempunyai sebuah proyek menarik bagi kalian yang sudah tidak betah lagi tinggal di Bumi. Mereka menjadikan planet Mars sebagai tujuan untuk memulai 'dunia yang baru'. Kabar terkini juga menyebutkan, soal adanya lowongan untuk menjadi astronot dan tinggal selamanya di planet merah itu telah dibuka. Proses perekrutannya akan dimulai pada Juli 2013 nanti.

Disebutkan bahwa organisasi nirlaba Mars One ini nantinya berencana meletakkan empat astronot untuk tinggal di planet merah tersebut pada tahun 2023.

Lalu bagaimana cara mendaftarnya?

Bila sobat Penghuni 60 tertarik untuk menjadi penghuni Mars, silahkan Sobat membuat sebuah rekaman video, Sobat harus membuat video tersebut berisi penjelasan mengapa mereka harus memilih Sobat sebagai calon astronot.

Mars One mulai menerima pengiriman video singkat selama satu menit untuk proses seleksi awal dari aplikasi lamaran dan siapapun dapat mengikuti proses perekrutan ini, selama berusia sekitar 18 tahun.

Namun untuk mencegah orang-orang yang tidak serius dan hanya membuang-buang waktu, organisasi tersebut akan memberlakukan tarif registrasi sebesar US$25, demikian yang diungkap dari Space.com.

Biaya ini juga akan membantu pendanaan rencana ini. Bahkan Mars One memperkirakan dari biaya registrasinya saja mereka akan mendapat tambahan dana jutaan dolar, dengan harapan jutaan aplikasi dari lowongan ini dapat diterima.

Mars One kini dilaporkan menerima 45 ribu orang yang telah teregistrasi, dengan lebih dari 10 ribu orang sudah mengirimkan email tentang penjelasan minat mereka untuk pergi ke Mars.

Nah, jika Sobat Berminat? Silahkan baca infonya di: mars-one.

Tapi ingat, jika kalian sudah mendaftar, maka kalian harus siap untuk mengucapkan:

“Selamat tinggal, Bumi”


Sebab rencananya, Mars One akan membentuk koloni di Mars, pada Juli 2015 Mars One ingin memiliki 24 astronot yang disusun dalam enam tim yang masing-masing berisi empat orang. Tim tersebut kemudian akan menghadapi pelatihan selama tujuh tahun, termasuk selama tiga bulan dalam replika dari koloni Mars.


Untuk para astronot yang terpilih, mereka harus siap mengucapkan selamat tinggal pada bumi dan seluruh relasinya di sini selamanya, karena organisasi ini tidak berencana untuk membawa astronot tersebut kembali lagi ke Bumi.

Mars One pun sudah mengungkap lebih banyak detil dari proses seleksi ini pada sebuah acara jumpa pers yaitu bertepatan pada Earth Day, 22 April 2013 kemarin.

Sekali lagi, bagi Sobat yang berminat? Silahkan baca infonya di: mars-one.


Apakah ini berarti, manusia sudah tidak sayang lagi terhadap Bumi, sehingga mereka dengan begitu saja ingin pergi meninggalkan Bumi? Jawabannya ada pada diri kalian sendiri.





Signp60


No comments:

Post a Comment